Hadapi HOAX!

Pagi😁

Di hari yang cerah ini gue akan bahas topik mengenai HOAX yang lagi hits banget di mana-mana. 

Apa sih HOAX itu? HOAX adalah pemberitaan palsu untuk menipu atau mangakali si pembaca atau pendengar untuk mempercayai sesuatu. Padahal nih si pemberita juga tau kalo itu berita bohong. 

Terus buat apa dibuat HOAX? Kalo gue liat di TV, dengan banyaknya orang yang percaya akan HOAX itu, otomatis beritanya akan tersebar kemana-mana. Nah, dari situlah keuntungannya. Si pembuat berita bohong akan mendapat keuntungan tersendiri karena banyaknya berita yang tersebar. Dengan gitu, makin banyak lagi si pembuat berita bohong, makin banyak juga orang-orang yang terpancing bahkan percaya akan beritanya.

Gimana caranya menghindari HOAX? Caranya kalian harus pinter-pinter memilih sumber berita yang kalian baca, resmi apa enggak, adminnya bisa dipercaya apa enggak. Terus, kalian jangan mudah terpancing apalagi mudah percaya sama berita yang belum terbukti kebenarannya, kalo kalian gak yakin, kalian bisa cari dari referensi lain. Jangan juga mudah menilai bahwa berita yang belum terbukti itu adalah benar apalagi kalian sampe ikut memprovokasi, orang lain bisa aja terpancing, dan hasilnya? Cuma bisa maki-makian di socmed. Sangat disayangkan sekali mereka ribut mengenai hal yang sebenernya belum tentu ada ataupun terbukti. Dan di pembuat HOAX? Akan makin senang lagi dan akan terus membuat berita yang makin “nggak-nggak lagi”. 

Siklusnya? Sama. Pastinya akan membuat keributan lagi di socmed antara pihak pro dengan pihak kontra.

Nah , so guys, let’s be the smart readers. Dengan pintarnya kalian mencerna atau memilih berita, mudah-mudahan HOAX bisa diminimalisir;)

-raf🍁

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s