Better Than Before

Experience-Quotes-12

Hidup bukan misteri yang harus dipecahkan, tetapi kenyataan yang harus dijalani.

Sebagian dari kalian mungkin sekarang lagi dalam keadaan ‘di bawah’ atau mungkin lagi ‘di atas’? Gue rasa itu adalah hal yang wajar dalam siklus kehidupan manusia. Ada saat dimana lo ngerasa kayak gak ada gunanya hidup, gak ada gunanya belajar, gak ada gunanya bersosialisasi. Ada saat juga dimana lo ngerasa lo jadi orang paling beruntung se-dunia. Dan semua itu terjadi berulang kali dalam hidup kita, Tapi, itu bukan alesan buat lo kehilangan semangat buat ngejalanin hidup lo.

Seperti kata pepatah lama “pengalaman adalah guru terbaik” menurut gue itu bener banget. Tanpa adanya pengalaman, kita mungkin gak bisa belajar buat ngadepin persoalan selanjutnya. Mau itu pengalaman baik atau buruk sekalipun, itu tetep pelajaran buat kita. Kita gak boleh menyalahkan karena sesuatu yang buruk terjadi, karena sesuatu itu gak pernah terjadi kalo gak ada alesannya, dan sesuatu terjadi bisa aja karena itu persiapan kita untuk menghadapi kejadian yang sama selanjutnya.

Pengalaman-pengalaman tersebut bisa juga berdampak pada kepribadian orang tersebut. Misalnya, si A jadi lebih males atau lalai karena pernah mengalami pengalaman yang buruk, terus si B nilai-nilai di sekolahnya jadi menurun karena sesuatu telah menerbangkannya alias kesenengan tingkat dewa. Nah, ini nih yang dampaknya bisa sampe lama banget.

Gimana cara mengubah orang itu supaya menjadi ‘dia’ yang lama? Kuncinya satu; belajar dari pengalaman. Dari pengalaman itu lah dia bisa memahami dimana letak kesalahannya, atau apa yang menyebabkan kenapa dia bisa sampe berubah. Sebagian orang berhasil menjalaninya dan kembali menjadi ‘dia’ yang lama. Tapi ada sebagian orang yang gak mau meningat pengalamannya itu, dan memulai semuanya dari awal. Kenapa gak dicoba dari dua hal tersebut? Mengingat kesalahannya dan memulainya dari awal. Menjadi seseorang yang bisa menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Menjadi seseorang yang bisa menghadapi masalahnya dengan cara yang dewasa. Menjadi seseorang yang lebih pandai bersyukur dengan kehidupan yang dia jalani. I know that start our life from zero isn’t easy for some people, but if we have a courage and capability to start it, everything will going smoothly.

Percayalah kalo semua yang terjadi pasti ada hikmahnya di kemudian hari. Gak lantas terjadi begitu aja, Pengalaman-pengalaman tersebut juga bisa membuat kita menjadi seseorang yang kuat, menjadi manusia yang lebih baik untuk kehidupan selanjutnya.

-raf

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s